Loading...

15 Bisnis Rumahan Di Desa Dan Wajib Anda Coba

15 Bisnis Rumahan Di Desa Dan Wajib Anda Coba – Bisnis rumahan merupakan salah satu jenis bisnis yang bisa ditekuni oleh siapa saja, terutama wanita atau ibu-ibu. Selain itu, bisnis ini juga relatif dapat dilakukan dengan modal yang kecil. Bagi masyarakat yang tinggal di desa, bisnis rumahan menjadi usaha alternatif untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan. Rata-rata usaha yang bisa dilakukan di desa merupakan usaha yang berbasis agrikultur atau sektor pertanian.

15 Bisnis Rumahan Di Desa Dan Wajib Anda Coba
15 Bisnis Rumahan Di Desa Dan Wajib Anda Coba

Dengan mempertimbangkan letak geografis dan kultur budaya. Tentu saja jenis usaha atau bisnis yang akan dibuka di desa haruslah disesuaikan. Tentunya lingkungan desa harusnya tidak menghalangi anda untuk dapat membuka bisnis sendiri.

15 Bisnis Rumahan Di Desa Dan Wajib Anda Coba

loading...

1. Budidaya Perikanan
Rumah di desa selalu identik dengan rumah yang memiliki pekarangan yang luas. Tentunya dengan mempertimbangkan hal ini maka anda bisa menjadikannya sebuah peluang usaha. Anda bisa membuka usaha budidaya perikanan di dekat rumah. Dengan membuat kolam didekat rumah anda bisa memelihara ikan lele, mas atau nila yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Untuk memasarkannya pun tidak sulit anda bisa menawarkannya kepada para tetangga atau menjualnya ke pasar tradisional.

2. Budidaya Tanaman Sayuran
Selain perikanan, anda juga bisa membuka lahan sayuran pada lahan di sekitar rumah sebagai bisnis sampingan. Seperti yang kita tahu bahwa daerah pedesaan sangat subur dan sangat cocok di tanami sayuran. Anda bisa mengusahakan sayuran berumur pendek seperti kangkung dan bayam. Sehingga panen akan bisa anda lakukan dengan singkat. Anda bisa menitipkan hasilpanen di warung sayuran atau juga membawanya berkeliling desa untuk menawarkannya kepada orang-orang sekitar.

3. Beternak Ayam Petelur
Salah satu sumber protein hewani adalah berasal dari telur. Kebutuhan telur terus meningkat setiap tahunnya. Dengan lahan pekarangan yang dimiliki anda bisa membuat kandang untuk membudidayakan ayam petelur. Hasil panennya tidak hanya anda jual di desa saja. Namun juga bisa anda kirim keluar desa dan bahkan keluar kota. Dalam budidaya ayam petelur anda bisa mempelajarinya melalui teknik budidaya yang informasinya banyak tersedia di internet dan buku.

4. Membuka Usaha Ayam Potong
Selain ayam petelur, bisnis ayam potong juga tumbuh subur di pedesaan. Dengan lingkunga dan habitat yang cocok. Banyak peternakan ayam potong skala besar yang ada di pedesaan. Kemudahan dalam budidaya dan keuntungan yang diperoleh relatif besar merupakan daya tarik dari budidaya ini. Selain itu, lingkungan yang luas memungkinkan bau yang tidak sedap tidak akan tercium oleh lingkungan sekitar. Sehingga tidak akan menganggu lingkungan dan para tetangga yang ada.

5. Membuat Peternakan Kambing
Selain ayam, kambing juga merupakan hewan ternak yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Hewan berkaki empat ini banyak dimanfaatkan dagingnya untuk acara seperti aqiqah atau acara kurban. Tentu saja membuka peternakan kambing merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan di rumah terutama  di lingkungan pedesaan. Kemudahan dalam pengawasan dan juga memperoleh pakan inilah yang membuat bisnis ini banyak di tekuni oleh orang desa.

6. Usaha Budidaya Kroto
Kroto atau anak semut rangrang merupakan salah satu sumber makanan bagi burung kicau. Harga kroto yang relatif mahal menyebabkan banyak orang-orang terutama mereka yang tinggal di desa untuk menekuni usaha ini sebagai usaha agribisnis peternakan. Dengan pengalaman dan basic ilmu peternakan, banyak peternak kroto yang berasal dari desa dapat sukses. Mereka memiliki pendapatan yang cukup fantastis dari bisnis ini. Selain itu, permintaan kroto yang semakin meningkat juga menjadi penyebab bisnis ini membooming.

7. Penangkaran Burung Kicau
Burung kicau menjadi salah satu jenis ternak yang paling banyak diminati. Kolektor burung kicau terutama berasal dari kalangan atas. Sehingga tentunya nilai ekonomi dari burung seperti lovebird, murai batu dan kenari harganya bisa sangat fantastis. Karena itu, salah satu pilihan untuk bisa membuka usaha bisnis di pedesaan adalah membuka bisnis penangkaran burung kicau sebagai ide bisnis jangka panjang . Apalagi jika anda termasuk pecinta burung.

8. Berkebun Kelapa
Kelapa merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari buah, batang hingga daun tanaman semuanya berguna bagi kehidupan manusia. Karenanya berkebun pohon kelapa di pekarangan rumah bisa menjadi pilihan bisnis pertanian yang menjanjikan saat ini.  Kelapa merupakan buah favorit bagi banyak orang. Manfaat buah kelapa sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan untuk memasarkannya.  Cukup menanam 2-3 batang saja maka anda akan bisa memiliki hasil panen yang berlimpah.

9. Menjual Gorengan
Gorengan merupakan salah satu makan yang merakyat. Anda selalu bisa menemukannya dimana saja. Selain itu, gorengan selalu menjadi pilihan camilan untuk menunda lapar. Harga gorengan yang murah tentu sangat cocok untuk di jual terutama  di lingkungan pedesaan. Apalagi jika anda tinggal di daerah pinggir jalan dan dekat dengan sekolah atau tempat umum lainnya. Tentunya bisnis ini bisa menjadi pilihan untuk menambah pemasukam anda.

10. Pengolahan Keripik Singkong
Keripik singkong merupakan salah satu camilan favorit banyak orang. Karena pembuatan makanan ini cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Bisnis ini juga bisa menjadi pilihan untuk ditekuni oleh anda yang berada di lingkungan pedesaan. Anda akan lebih mudah mendapatkan bahan dasar dengan murah. Sehingga keuntungan yang diperoleh bisa dilipat gandakan. Anda juga bisa memasarkannya keluar daerah saat bisnis anda telah mendapatkan izin produksi.

11. Membuka Usaha Pembuatan Kerajinan Tangan
Sentra pusat kerajinan tangan banyak berada di daerah pedesaan. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang potensial bagi anda untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Di pedesaan anda akan lebih mudah dalam memperoleh bahan baku dengan harga murah. Selain itu juga, upah pekerja di desa tidak semahal di kota. Dengan begitu anda akan bisa menghemat biaya opersional. Dan pada akhirnya akan bisa meningkatkan jumlah keuntungan yang akan anda peroleh.

12. Usaha Warung Sembako
Membuka warumg sembako juga menjadi usaha rumahan yang cocok di desa. Seperti yang kita tahu desa merupakan area yang jauh dari pusat perbelanjaan besar seperti swalayan. Tentunya untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari banyak masyarakat desa yang mengandalkan warung sembako. Karenanya keberadaan warung sembako sangat di butuhkan. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan setiap hari dari warung yang anda buka.

13. Penjualan Bibit Tanaman Buah
Selain budidaya tanaman, anda juga bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang luas sebagai tempat penjualan bibit tanaman. Karena memiliki lahan yang luas masyarakat desa rata-rata memburu bibit tanaman buah untuk di tanam di halaman rumah. Karenanya, bisnis ini patut di jadikan peluang usaha potensial di desa. Anda bisa merawat bibit tersebut sampai akhirnya bibit terjual. Atau anda juga bisa memasarkannya keluar daerah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

14. Membuka Konter HP dan Pulsa
Saat ini siapa yang tidak memiliki hp. Hampir semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa memiliki hp. Tentunya salah satu hal yang bisa membuat hp berfungsi adalah karena adanya pulsa dan kuota.

15. Membuka Usaha Warung Kuliner Sederhana
Menjual kuliner sederhana seperti mie rebus, soto atau peel bisa menjafi pilihan bagi anda yang tinggal di desa. Kuliner ini bisa dibilang sangat dekat dan familiar dengan masyarakat desa. Selain itu juga, harga makanan ini juga sangat ekonomis dan murah. Sehingga tentu tidak akan memberatkan kantong bagi masyarakat desa. Bisnis ini sangat cocok ditekuni oleh anda yang memiliki kemampuan memasak yang mumpuni terutama  oleh ibu rumah tangga.

Itulah 15 Bisnis Rumahan Di Desa Dan Wajib Anda Coba. Merupakan daftar bisnis yang memiliki peluang yang potensial, dan dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Anda juga bisa melakukannya sebagai bisnis sampingan yang tidak menganggu pekerjaan utama anda. Bagaimana, menarik bukan. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading...